Sabtu, 19 Februari 2011

Pra On The Job Training, Menyiapkan Mahasiswa untuk Go Industri

Dimulai hari Senin 24 Januari 2011, Pra on the Job Training (Pra OJT) diawali dengan senam pagi bersama di lapangan basket  Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) pada pukul 06.30. Kegiatan yang diselenggarakan hingga tanggal 26 Januari 2011 tersebut bertujuan membekali para mahasiswa yang akan mengikuti program on the job training di industri, adapun peserta dari kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa semester enam program studi D3 Teknik Permesinan Kapal, D3 Teknik Kelistrikan Kapal, D3 Teknik Desain dan Konstruksi Kapal dan D3 Teknik Bangunan Kapal. Dalam kegiatan ini, peserta diberi pengarahan tentang budaya industri dan etos kerja, standar kompetensi, team work dan leadership, kegiatan OJT di dunia industri serta petunjuk metode menyusun laporan OJT.
Berbeda dengan magang atau kerja praktek pada institusi perguruan tinggi lainnya yang hanya satu hingga dua bulan saja, program OJT PPNS memiliki periode selama satu semester hal ini bertujuan untuk memperkaya pengalaman kerja para mahasiswa sebelum mereka benar – benar terjun di dunia industri.
Pada kesempatan pembukaan kegiatan Pra OJT, direktur PPNS Ir. Muhammad Mahfud M.MT berpesan agar mahasiswa dalam OJT  dapat selalu menjaga nama baik PPNS dan selalu memberikan performa kerja terbaik dengan tetap menjunjung tinggi kedisiplinan dengan harapan mahasiswa dapat langsung direkrut menjadi pegawai tetap pada perusahaan tempat mereka OJT.
Setelah mengikuti serangkaian acara Pra OJT, para peserta mengikuti Uji Kompetensi yang diselenggarakan di PPNS uji kompetensi tersebut antara lain CAD 2D, CAD 3D, Penetrant Test, Magnetic Particle Test, Ultrasonic Test, Instalsi listrik dan elektronika, Sistem Pneumatic, Mesin Perkakas serta Mesin Pendingin. Uji kompetensi ini bertujuan untuk mengukur kompetensi mahasiswa dalam bidang yang dipilih. Setelah lulus uji kompetensi, mahasiswa di beri sertifikat sebagai bukti bahwa mereka telah kompeten pada bidang yang di uji kan.

1 komentar: